Entertainment

15 Minikino Open Desember, Minikino Gelar Festival Film Di Akhir Tahun

Minikino

Minikino Sebagai organisasi pertama di Indonesia yang menyatakan diri fokus pada film pendek.pendapat Minikino bahwa film pendek, seperti puisi atau cerita pendek adalah karya mandiri dengan kekuatan literatur tersendiri yang akan menjadi stimulat dan bahan untuk berpikir lebih kritis bagi para pecinta film.

Berangkat dari gagasan tersebut, Minikino mulai menginisiasi program-program khusus film pendek dengan diskusi yang dimoderasi. Salah satunya, yaitu Open December yang tahun ini telah memasuki tahun ke-15. Mulai dilaksanakan sejak tahun 2003 yang silam, acara tahunan Open December selalu menarik perhatian publik terutama bagi para filmmaker lokal. Open December sendiri merupakan sebuah acara pemutaran terbuka di mana siapa saja bisa membawa, menonton, dan mendiskusikan film tanpa ada pembatasan tema mau pun genre.

(dok Pribadi Minikino)

Open December membuka kesempatan bagi para filmmaker untuk memutar filmnya tanpa melalui proses kurasi. Syarat utamanya adalah sang filmmaker atau tim produksi film tersebut wajib hadir saat pemutaran dan durasi film tidak boleh lebih dari 20 menit.

(dok Pribadi Minikino)

Para filmmaker diharapkan hadir satu jam sebelum acara dimulai untuk mendaftar dengan membawa USB berisikan filmnya yang sudah berbentuk digital (kompresan H264 dengan containernya mp4 ). Perlu diperhatikan bahwa durasi acara tidak akan berkompromi dengan jumlah pendaftaran, sehingga akan ada resiko film yang berkesempatan diputar karena acara kehabisan waktu. Selanjutnya, di tiap akhir pemutaran film akan ada diskusi kecil antara filmmaker dengan penonton.

15 Minikino Open December akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17/12/2017di Mini Hall Irama Indah, Jl. Diponegoro 114, Denpasar, Bali. Registrasi dibuka pukul 13.00 Wita dan ditutup tepat pukul 13.45 Wita.

Filmmaker juga dapat melakukan registrasi online sebelumnya lewat laman http://minikino.org/15-minikino- open-december/. Acara pemutaran filmnya akan dimulai tepat pukul 14.00 Wita. Acara ini bersifat terbuka bagi para filmmaker mau pun penonton dan tidak dipungut biaya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top