Lifestyle

Bengkel Teater Kita, Gencar Berikan Edukasi Tentang Sejarah

BolehKlik.com- Apresiasi generasi milenial terhadap sejarah makin luntur. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para pelaku seni tradisi untuk mampu mengemas sejarah melalui pertunjukan yang punya daya tarik bagi kalangan milenial. Inovasi menjadi kata kunci. Budayawan Agustian Marmo CHC. sekaligus pendiri Bengkel Teater Kita berusaha mengangkat sejarah-sejarah Indonesia melalui seni teater.

Terbentuk sejak tahun 2012, Bengkel Teater Kita berfokus kepada rekonstruksi sejarah terutama sejarah-sejarah yang terjadi di Batavia pada jamannya. Agus mengaku miris dengan minimnya pengetahuan tentang sejarah di era milenial ini.

Ditemui Bolehklik.com di sela-sela pertunjukan Tragedi Berdarah 1740 yang terjadi di Batavia, di kawasan Kota Tua Jakarta Utara, Agus menjelaskan Bengkel Teater Kita mencoba menyampaikan pesan betapa pentingnya sejarah dan betapa hebatnya pejuang-pejuang kita terdahulu.

“Bengkel Teater mencoba memberikan edukasi kepada gerenasi milenial tentang rekonstruksi sejarah di Batavia, betapa pentingnya sejarah. Banyak yang tidak kita ketahui di Batavia waktu itu, kejadian-kejadian yang pilu, yang mengambarkan betapa kejamnya penjajahan pada waktu itu.” Tutur Agus, (14/5/2018) pada Bolehklik di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Menurut Agus edukasi melalui seni teater adalah cara yang tepat, karena mudah dipahami. Bengkel Teater Kita sendiri saat ini sudah  berjumlah 70 orang, Agus sengaja merekrut anggotanya dari berbagai kalangan.

“Semua bisa berlakon, seni teater bisa di pelajari, yang terpenting mau belajar dan disiplin.” Tambahnya.

Lebih hebat lagi, Bengkel Teater Kita telah melakukan beberapa pertunjukan besar di beberapa titik di Jakarta, seperti pada tahun 2013 Bengkel Teater Kita menampilkan Penyerangan Sultan Agung di Batavia secara kolosal.

Ketika ditanya perbedaan Bengkel Teater Kita dengan Teater lain, Agus menjawab “Bengkel Terater Kita tidak hanya menggunakan satu lokasi, tetapi beberapa lokasi dengan cerita yang bersamaan. Itu yang membuat Bengkel Teater Kita menarik. Selain itu Kita, para pelakon jarang menggunakan naskah untuk pertunjukan, kita lebih sering menggunakan Sheen Plot. Jadi para pelakon hanya tahu benang merahnya saja, selanjutnya mereka bebas berekspresi.”

Lebih lanjut, Agus berharap dengan adanya Bengkel Teater Kita mampu menjadi wadah generasi milenial untuk berkarya dan beredukasi terutama pada sejarah.

Agus juga mengajak untuk mengapresiasi seni teater dengan cara ikut serta menonton dan  ikut berpartisipasi dalam pertunjukannya.

Bengkel Teater Kita rutin melakuan pertunjukan setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00. bertempat di Gedung Museum Sejarah Batavia, Kota Tua Jakarta Utara.

Selain itu, Bengkel Teater Kita membuka peluang untuk kalian yang mempunyai keinginan untuk berakting, berlakon dan berseni dengan bergabung bersama Bengkel Teater Kita.

Dengan cara melihat pertunjukan dan bertemu Agus sekalu pendiri kalian sudah bisa bergabung dengan Bengkel Teater Kita.

Buisnees/Registration:
Agus Marmo: 0899-9338-370
Email: bengkelteater_kita@yahoo.com
Instagram: @bengkel.t.kita

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top