News

Akhirnya Mentri Susi Ijinkan Nelayan Gunakan Cantrang Kembali

demo di istana aliansi nelayan desak menteri susi mundur

Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumumkan keputusan bahwa nelayan boleh kembali menggunakan cantrang untuk menangkap ikan di laut. Pemerintah memutuskan untuk memperbolehkan penggunaan cantrang hingga batas waktu yang tak ditentukan. Seperti yang diketahui sebelumnya, sebenarnya penggunaan cantrang telah habis ijinnya pada akhir tahun 2017 lalu. Namun ternyata para nelayan masih memprotes keputusan tersebut sebab mereka belum dapat mengakses alat pengganti dari cantrang.

Juru Bicara Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI) Hadi Santoso mengungkapkan bahwa ijin penggunaan cantrang diperpanjang tanpa batasan waktu, tapi tidak boleh menambah kapal. Larangan penggunaan cantrang sendiri sebenarnya telah tertuang dalam peraturan kementrian kelautan dan perikanan nomor 2 tahun 2015, Namun pelaksanaannya ditunda 2 tahun sebab permintaan nelayan kepada Ombudsman dan efektiff penundaan tersebut selesai desember 2017.

mentri susi dan jokowi

mentri susi dan jokowi

Selain itu Mentri Susi pun menambahkan agar semua nelayan menghormati keputusan itu dan tidak mau ada kapal cantrang ilegal, dan tidak boleh tambah kapal lagi . “Keputusan tadi tolong dihormati. Saya tidak mau ada kapal cantrang ilegal, tidak punya ukuran, ukuran mark down masih melaut. Kemudian tidak boleh ada kapal tambahan lagi,” kata  Mentri Susi.

Keputusan bolehnya penggunaan cantrang kembali diambil setelah Presiden Jokowi didampingi Ibu Susi bertemu dengan perwakilan nelayan dari beberapa daerah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top