News

Polemik Kasus LGBT, Ketua DPR Angkat Bicara

JAKARTA, BolehKlikNews- Ketua DPR Bambang Soesatyo angkat bicara terkait polemik kasus LGBT yang kini mulai diangkat dalam panitia kerja di bawah koordinasi Komisi III DPR.. Bambang menegaskan, menolak upaya legalisasi hubungan sesama jenis atau LGBT di Indonesia.

“Sikap saya jelas bahwa kita harus menolak legalitas LGBT karena itu merusak moral bangsa,” ujar Bambang di Gedung DPR, Senin (22/1/2018).

Bambang mengatakan, ada satu pasal di RUU KUHP yang kini sedang dibahas di tingkat panja Komisi III. Perombak KUHP di DPR merespons putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak uji materi pasal perzinahan,
pemerkosaan, dan hubungan sesama jenis (LGBT) sebagaimana diatur dalam KUHP.

Ada tiga pasal dalam KUHP yang digugat oleh pengadu ke MK, yakni Pasal 284, 285, dan 292 KUHP. Dalam gugatannya, pemohon meminta delik dalam pasal 284 tidak sebatas menerapkan pidana perbuatan zina bagi pasangan yang punya ikatan perkawinan. Pasal tersebut juga digugat agar penerapannya tak mengharuskan lewat aduan.

Pemohon juga meminta Pasal 285 mengatur agar pemerkosaan mencakup semua kekerasan atau ancaman kekerasan untuk bersetubuh — baik yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan atau sebaliknya.

Sementara pada Pasal 292, pemohon meminta frasa ‘belum dewasa’ dihapus agar semua perbuatan seksual sesama jenis dapat dipidana.

MK menolak gugatan uji materi tiga pasal tersebut dengan keputusan dissenting opinion. Lima dari sembilan hakim menolak gugatan tersebut. MK berpendapat, permohonan untuk memperluas makna zina maupun membuat aturan pidana bagi hubungan sesama jenis tergolong perumusan delik atau tindak pidana baru yang menjadi kewenangan legislatif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top